Modifikasi Yamaha Vixion Semakin Keren

Modifikasi Vixion – Yamaha Vixion pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2007. Vixion menjadi pembuka motor naked sport dengan sistem injeksi. Kini keberadaan Vixion di Indonesia tetap disegani di kalangan masyarakatnya. Pembaharuan pun hadir untuk mengikuti kemajuan dan perkembangan selera pasar. Setidaknya sudah ada lima seri/generasi Vixion yang dilahirkan oleh PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacture) hingga saat ini.

Berikut ini adalah rangkuman seri motor atau generasi motor Yamaha Vixion dari pertama rilis hingga sekarang

Vixion Tahun 2007 (Lampu Bulat)

Vixion pertama kali hadirr di Indonesia pada pertengahan tahun 2007 silam,dengan segala keunggulan yang dia punya dari sang kompetitor di kelasnya, Vixion hadir dengan spesifikasi mesin 150CC SOHC 4 klep. Dari sisi design ini menjadi penggebrak di kelas 150 CC, desain sporty dengan lampu bulat,suspensi mono shock yang tidak dimiliki oleh para pesaingnya pada masa-masa nya itu. Ditambah dengan frame deltabox nya yang menjadi sebuah primadona di saat itu. Vixion pada masa itu sempat membuat pasaran para pesaingnya yakni Honda MegaPro dan Honda Tiger Tersaingi.

Vixion Generasi Kedua Tahun 2010

Dengan penjualan vixion yang melonjak jauh, hal ini rupanya tidak membuat pihak pabrik berhenti untuk berinovasi mengembangkan vixion ini, hanya berselang selama 3 tahun dari awal kemunculan vixion atau v-ixion ini langsung segera mendapat penyegaran. Jika dilihat dari spesifikasi mesin tidak mengalami banyak sekali perubahan nya. Namun dari segi body kali ini vixion lebih mengedepankan ke arah konsep tajam dan agresif dibandingkan edisi sebelumnya. Yang paling terlihat dari sisi facelit kali ini adalah deltabox yang berubah warnanya dari silver menjadi hitam, serta bentuk lampu yang dari sebelumnya lampu bulat menjadi lampu yang terlihat lebih meruncing dan agresif

Vixion Generasi Ketiga Tahun 2013

Entah darimana asal muasal nama ini pertama kali disematkan ke generasi vixion kali ini. Jelas nama Sinchan bukan berasal dari pabrikan atau nama resmi, nama resmi dari motor ini sebenarnya adalah NVL (New Vixion Lightning).

Perubahan di edisi kali ini benar-benar total, dimulai dari kaki-kaki yang lebih gambot,rem belakang yang disertai DiscBrake , garis body yang lebih tajam, tangki yang lebih massskulin, kunci kontak yang pindah ke tangki, penghilangan behel belakang,dan masih banyak lagi. Minusnya dari sisi mesin belum ada perubahan yang berarti.

Generasi Lengkap Yamaha Vixion

Semakin kerasnya persaingan motor sport 150CC , Vixion ingin menunjukkan taringnya sebagai penguasa market motor sport 150 CC dengan kehadiran New Vixion Advance. Di tahun 2015 market vixion memang sempat direcoki oleh Honda dengan CB150R nya. Desain lampu kali ini berubah menjadi lebih runcing (tidak Sinchan lagi). Blok mesin dilabur dengan warna gold, spakbor belakang yang lebih pendak (menghilangkan image pelepah pisang), dipermanis dengan under cowl, serta emblem yang tampil dengan 3 dimensi. 

 

Vixion Generasi Kelima Tahun 2017

Market nakedsport di tahun 2017 kehadiran bintang baru, kali ini bukan dari Honda melainkan dari Suzuki. Suzuki bangkit dari kuburnya dengan generasi GSX 150 CC nya, dan seakan menjadi raising star. Melihat hal ini Yamaha bergerak cepat dengan menghadirkan edisi Vixion terbaru.

Kali ini nampaknya sektor mesin menjadi perhatian bagi Yamaha. Tak tanggung Vixion generasi kali ini hadir dengan dua tipe mesin yakni Yamaha New Vixion dan Yamaha New Vixon R.

Vixion R menggunakan mesin yang sama persis dengan mesin Yamaha R15 terbaru yang dilengkapi dengan teknologi VVA. Yamaha mengklaim dengan fitur assist & slipper clutch mampu membuat pengoperasian kopling lebih mudah dan juga perpindahan gigi yang lebih halus. Hal ini diklaim mampu menambah akselerasi Vixion.

 

Dengan hadirnya generasi Vixion ini maka semua penggemar vixion ini banyak yang memodifikasi kendaraan roda dua ini sehingga tampilan Vixion mereka menjadi lebih keren dari versi pabrikan motor ini. Bagi kalian yang tertarik untuk Modifikasi Vixion berikut ini sedikit tips untuk kalian pecinta Vixion

  • Ubahlah tampilan luar saja

Salah satu alasan mengapa banyak orang tertarik untuk mengubah tampilan Vixion mereka adalah karena motor ini tidak memerlukan pergantian mesin. Mesin bawaan dari pabriknya sudah cukup keren dan berteknologi tinggi. Bahkan telah teruji cukup gahar di segala medan termasuk yang paling ekstrem sekalipun.

Jadi bagi yang ingin melakukan Modifikasi Vixion, Anda hanya perlu mengubah tampilan luar motor tersebut saja. Mengubah tampilan luar tentu saja jauh lebih mudah dan murah. Apalagi jika kita mau mencari aksesori yang diperlukan di toko-toko online.

Karena saat ini, ada banyak sekali toko di internet yang menjual berbagai aksesori untuk kebutuhan modifikasi motor dengan harga terjangkau. Tapi sebelum membeli, pastikan Anda benar-benar telah melakukan riset untuk mengetahui mana toko yang tepercaya dan mana yang tidak.

  • Mengubah bagian headlamp

Jika merasa perubahan total tampilan luar Vixion membutuhkan terlalu banyak biaya, Anda bisa mengganti headlamp motor tersebut dengan headlamp kendaraan lain. Salah satu yang sering digunakan untuk modifikasi Vixion adalah headlamp motor Kawasaki Z250.

 

Meskipun hanya memodifikasi satu bagian saja, mengganti headlamp Vixion ternyata mampu mengubah tampilan motor sport tersebut secara menyeluruh. Penambahan headlamp milik Kawasaki akan membuat Vixion tampak lebih gahar dan keren. Apalagi jika Anda juga mengganti lampu bawaan dengan lampu motor jenis projie.

  • Mengganti bodi bagian belakang

Selain headlamp, Anda juga bisa mengganti bagian belakang Vixion untuk mendapatkan tampilan yang benar-benar baru. Biasanya, para penggemar otomotif akan mengganti bodi belakang motor Vixion mereka dengan bodi Ninja 250fi yang terbuat dari bahan plastik ABS.

 

Selain bentunya yang unik dan gahar, aksesori ini termasuk yang mudah ditemukan dan dipasang pada Vixion. Tidak heran jika banyak penggemar Vixion yang menggunakan bodi belakang Ninja 250fi untuk mengubah tampilan motor mereka secara menyeluruh.

  • Modifikasi jok motor

Selain membuat tampilan menjadi lebih keren, melakukan modifikasi vixion  pada jok motor juga dapat meningkatkan kenyamanan duduk anda. Terutama bagi anda yang suka tour dalam jarak jauh. Rasa-rasanya modifikasi jok ini akan menjadi pilihan yang sangat tepat.

  • Pasang Penghemat Bahan Bakar

Menggunakan motor besarseperti Yamaha vixion kadang membuat kondumsi BBM agak boros juga. Apalagi jika mesin sudah dimodifikasi sedemikian rupa, biasanya konsumsi bensin akan bertambah. Cara paling mudah untukmengatasinya adalah memasang alat penghemat bahan bakar.

  • Suspensi Motor

Setelah sistem suspensi depan dan belakang sepeda Anda harus seimbang terutama bagi anda yang melakukan modifikasi vixion dengan mengganti suspensi standar dengan aksesoris.

Suspensi adalah salah satu komponen yang harus anda periksa. Jika komponen usang, ganti saja atau rekondisi. Suspensi yang terlalu empuk, membuat handling motor kurang nyaman, begitu juga sebaliknya.

 

Anda yang mempunyai berat badan lebih, sebaiknya menyesuaikan suspensi motor supaya lebih pas.

Itulah Sejarah dan beberapa tips tentang Modifikasi Vixion semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin menjadikan Vixion kesayangan menjadi tampil lebih menarik.

Add a Comment