Berapa Sih Budget Buat Modifikasi Toyota Vios

Berapa Sih Budget Buat Modifikasi Toyota Vios

Jaman sekarang ini banyak konsumen yang lebih memilih membeli mobil bekas ketimbang membeli mobil baru, apa yang jadi salah satu alasan mereka memilih membeli mobil bekas? Salah satu alasannya karena harga jual dari mobil mobil yang sangatlah merosot. Bagaimana tidak, coba sobat cek di website website penjualan mobil besar hampir semua mobil mobil bekas memiliki harga jual yang sangatlah merosot, harga jual mobil bekas tersebut dapat merosot hingga 50% hlo sobat.

Mengerikan bukan? Itu menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang lebih memilih membeli mobil bekas daripada membeli mobil baru. Apalagi Trend modif mobil yang digandrungi anak muda masa kini jadi salah satu acuan membeli mobil bekas dimana anak muda sekarang memilih membeli mobil mobil bergaya LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) atau Sedan untuk dijadikan bahan modifan mereka. Pastinya sering sobat jumpai mobil mobil sekelas brio, mobilio, corolla, grand livina, Avanza, dan masih banyak lagi mobil LMPV atau Sedan yang seringkali dijadikan bahan modif ala ala chamber, dikarenakan bentuk mobil dan ground clearance yang rendah menjadikan mobil mobil tersebut cocok untuk dijadikan mobil anak muda yang sering mereka sebut Low Cost Low Car atau Mobil yang harga nya relatif murah dan tipe mobil yang memiliki ground clearance rendah.

Vios Modifikasi Recommended Untuk Anak Muda

Salah satu mobil bekas yang jadi lirikan anak muda adalah Toyota Vios Modifikasi. Dari namanya saja pasti sobat sudah tau dan sudah pernah merasakan naik mobil tersebut, mobil yang menawarkan kenyamanan berkendara, kekuatan mesin, fitur yang mumpuni, serta body yang sangat disukai banyak anak muda adalah alasan anak muda memilih untuk meminang mobil bekas satu ini. Memang mobil vios ini digambarkan atau sering kali dianggap “Mobil Taksi”, namun jangan salah sobat, walaupun umurnya yang sudah tidak muda lagi mobil ini sangatlah melegenda, bagaimana tidak? Mobil ini adalah sedan asal jepang yang memiliki body keren, stylish, dan For Your Information ya sobat vios ini merupakan mobil penerus dari Toyota Soluna yang sempat tenar dan booming di tahun 1994 hingga tahun 2002. Pada tahun 2003 Toyota Vios muncul sebagai pengganti soluna yang sudah pensiun di tahun 2002 silam. Pada awal tahun 2003 salah satu perusahaan taksi di Indonesia langsung meminang si cakep Vios ini sebagai salah satu armada andalan mereka lantaran kehandalannya yang sudah terbukti. Mesin yang digunakan adalah mesin yang dinilai salah satu mesin bandel Toyota, mesin yang digunakan Toyota Vios dari awal tahun 2003 hingga 2016 adalah mesin 1500cc dengan kode 1NZ-FE.

Vios Generasi Pertama

Sumber : www.wikimedia.org

Pada zamannya Toyota ini bersaing dengan rival rivalnya seperti Honda City dan Suzuki Baleno Next G, dalam urusan dapur pacu performa vios generasi pertama berhasil unggul dan rivalnya pun kalah dalam urusan kecepatan dan keiritan konsumsi bahan bakar sobat. Mesin vios generasi pertama muncul dengan kode 1NZ-FE berkapasitas 1500cc dengan 4 silinder DOHC, selain itu Toyota rupanya juga menggunakan teknologi VVT-i untuk menjadikan mobil lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar dibandingkan denga rival rivalnya, mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 109 dk di 6000 Rpm dan torsi sebesar 141 nm di 4200Rpm, nilai yang cukup fantastis untuk sebuah mobil sedan di jaman itu.

Vios Generasi Kedua

Sumber : www.wikimedia.org

Generasi kedua dari Toyota Vios ini muncul pada tahun 2007, dengan menyokong desain seperti saudaranya yaitu Toyota Yaris, Toyota Vios tampil lebih sporty dengan grill khas Yaris Gen 1. Dibandingkan dengan generasi pertamanya vios kini menambahkan kenyamanan dengan memperbaiki kualitas suspensi dan jok nya agar kenyamanan dalam berkendara semakin terasa. Tak hanya itu sobat, ternyata Toyota tidak main main dalam melakukan perubahan, mereka juga menambahkan fitur keselamatan Dual Airbag, EBS, E BD dan BA sebagai standard nya. Selain dari segi fitur interior. Meskipun generasi kedua ini menggunakan mesin yang sama dengan generasi pertama. Rupanya Toyota menambahkan Intellegent Drive by Wire ETCS-I pada mesin generasi kedua. Menjadikan konsumsi bahan bakar menjadi semakin irit dan ramah lingkungan.

Setelah mengeluarkan generasi kedua, pada tahun 2010 Toyota mengeluarkan Facelift. Toyota Vios berupa penambahan varian TRD Sportivo dimana interior dibuat lebih sporty dan keren.

Vios Generasi Ketiga

Sumber : www.wikimedia.org

Pada Mei 2013 Toyota mengenalkan kepada Indonesia Vios generasi ketiganya. Namun Toyota baru resmi meluncurkannya pada bulan September 2014 di event IIMS (Indonesia International Motor Show). Pada generasi ini untuk terakhir kalinya vios menggunakan mesin 1NZ-FE, lalu pada tahun 2016. Toyota melakukan pergantian mesin dengan mesin berkode 2NR-FE 1500cc Dual VVT-i. Dimana mesin ini juga digunakan di Toyota Avanza Facelift gen 2 dan Toyota Sienta gen 2 sobat. Lalu pada tahun 2018 vios melakukan facelift kembali dengan menambahkan fitur fitur safety dan membenahi tampilan interior. Generasi ketiga ini adalah generasi yang sering dijadikan Vios Modifikasi bagi para anak muda. Body ini dianggap body paling sempurna dari Toyota Vios.

Vios Modifikasi

Sumber : www.wikimedia.org

Seperti yang sudah kita bahas diatas ya sobat, ternyata vios sudah melegenda di Indonesia. Sudah menjadi pengetahuan orang Indonesia jika mesin yang digunakan selain bandel, irit, ternyata eksterior dan interiornya menarik untuk dipinang. Selain kelebihan diatas ternyata harga jual dari vios sangatlah terjangkau. Penawaran harganya berada di rentang harga yang bisa dikatakan menengah kebawah. Anak muda sudah pasti menyukai tampilan dari vios ini, bahkan masih banyak yang menggunakan vios gen 1 dan 2 dengan masih menjaga keorisinilannya. Kali ini kita akan membahas barapa budget yang diperlukan. Serta Part apa saja yang perlu kita rubah untuk Toyota Vios Modifikasi. Vios gen 3 menjadi salah satu generasi yang sangat diminati para anak muda. Dilihat dari sisi eksteriornya vios gen 3 ini memiliki lekukan lekukan tajam. Mirip dengan Camry dimana lekukan tersebut memberikan kesan mewah dan sporty sebagai sebuah sedan.

Budget yang diperlukan untuk Vios Modifikasi

Untuk budget Vios Modifikasi sendiri tergantung dari part apa saja yang akan anda ubah. Bahkan dari segi dapur pacu juga dapat dirombak sedemikian rupa tergantung keinginan kita sebagai pengguna. Berikut Part part yang perlu sobat ubah untuk memancarkan tampilan yang lebih sporty dan keren.

Modifikasi pertama pada Vios Modifikasi yang bisa anda lakukan adalah dari segi penggantian velg. Pada segi velg sendiri biasanya para pengguna lebih nyaman menggunakan velg dengan tapak besar dan lebar. Jadi biasanya para modifer menggunakan Velg Ring 17 dengan rentang harga bervariatif mulai dari 4jt-8jt rupiah. Biasanya mereka melakukan pemotongan per atau untuk sobat yang memiliki budget lebih bisa membeli lowering kit dengna harga 3,5jt – 5jt rupiah. Dari segi velg dan kaki kaki harus dipikirkan matang matang. Agar kedepannya saat digunakan kolong mobil Vios Modifikasi kita tidak lecet saat bersentuhan dengan aspal ataupun tersangkut di polisi tidur.

Modifikasi Dari Segi Interior

Sumber : www.pixabay.com

Kemudian kita melakukan penggantian bodykit full set sobat, bodykit ini sesuai dengan selera sobat. Ada beragam bodykit vios ini mulai dari bodykit galaxy, Viper, Elegant, TRD Sportivo, dan masih banyak lagi varian bodykit.. Bahan dari bodykit ini juga beragam, mulai dari bahan fiber plastic hingga bahan premium pun dijual di bengkel bengkel bodykit. Jadi sobat tidak perlu takut kekurangan ide untuk memilih bodykit. Selain bodykit berupa Bumper depan, Bumper Belakang, Sideskirt kanan dan kiri. Ternyata wing atau spoiler juga menambahkan kesan sporty pada Vios Modifikasi. Untuk spoiler tersendiri beragam bentuknya, yang sering digunakan adalah bentuk Wing atau Ducktail. Untuk harga dari bodykit dan spoiler ada pada kisaran 2jt – 7jt rupiah.

Modifikasi Dari Segi Exterior

Sumber : www.pixabay.com

Kemudian dari segi eksterior lainnya yang perlu kita ganti adalah spion lipat dengan sein yang terintegrasi dengan sein utama. Spion lipat otomatis bisa sobat jumpai di toko toko modifikasi mobil karena sparepart mobil ini sangat mudah ditemui. Untuk rentang harga yang ditawarkan berkisar pada 1,8jt – 2,5jt rupiah sudah termasuk biaya pemasangannya di Vios Modifikasi ini sobat.

Selain itu kita bisa menambahkan Headlamp Pojector Eagle Eyes untuk Vios Modifikasi sobat. Bentuk headlamp yang dimaksudkan seperti kepala eagle atau elang. Rentang harga untuk Headlamp Vios Modifikasi beragam, mulai dari 4,5jt – 8jt rupiah. Dari semua modifan tersebut sobat dapat menghemat budget sobat untuk keperluan modif, hanya dengan modal 15jt – 20jt sobat sudah bisa merasakan Vios Modifikasi yang kini tampil lebih sporty dan elegant.

Add a Comment