Modifikasi Honda Scoopy Simple

Modifikasi Honda Scoopy Simple

Di tahun 2020 ini angka kepemilikan motor meningkat dratis semenjak adanya skuter matic yang semakin merajalela. Motor selain digunakan untuk transportasi ternyata sekarang juga beralih fungsi sebagai barang pajangan, maupun dalam hal menuruti gaya hidup sebagai identitas si pengendara itu sendiri sobat, dengan demikian banyak anak muda yang melakukan Modifikasi Scoopy ini sobat.  Dengan adanya skuter matic sobat dimudahkan dalam segala hal, mulai dari pemakaian, perawatan, maupun dari segi bahan bakar. Bagaimana tidak, dulu rata-rata orang yang mampu mengendarai motor adalah kaum laki-laki karena susahnya pengoperasian motor tersebut. Sebelum produsen motor di dunia mengeluarkan skuter matic mereka para pengendara sering merasakan kesusahan dalam pengoperasian motor mereka hlo sobat. Tidak hanya dari segi pengoperasiannya saja ternyata sobat, para pengendara juga merasakan kesulitan saat melakukan perawatan yang sangat ribet, meskipun motor bebek atau motor kopling terkenal akan kebandelan mesin nya namun banyak pengendara yang mengeluh untuk pengoperasinnya yang kurang praktis. Untuk perawatan dan juga pengoperasian yang mudah juga menjadikan Modifikasi Scoopy menjadi rekomendasi motor matic idaman anak muda hlo sobat.

Sebelum membahas Modifikasi Scoopy, kita simak sejarah Honda Scoopy terlebih dahulu ya sobat.

Sejarah Honda Scoopy

Honda Scoopy Generasi Pertama (2010 – 2013)

Unuk pertama kalinya skuter matic honda ini diluncurkan pada tanggal 20 mei 2010, skuter matic pabrikan PT AHM (Astra Honda Motor) ini ternyata mengadopsi gaya retro yang menjadikan kita teringat dengan brand vespa yang hampir mirip dengna body belakang yang bantet sobat. Desain lampu sein nya juga unik hlo sobat, lampu sein pada motor ini sengaja di desain terpisah dengan lampu utama. Soal urusan dapur pacu pada Honda Scoopy generasi pertama ini menggunakan mesin 110 cc dan masih menggunakan karburator sobat, jadi pada tahun 2010 ternyata Honda belum menyuntikkan teknologi Injeksi pada motor skuter matic nya, bahkan desain bagasinya pun masih terbilang kecil. Untuk harga Scoopy Generasi pertama ini dibanderol dengan harga 13,5jt saja sobat. Pada Generasi pertama ini masih jarang sekali anak muda yang tertarik untuk melakukan Modifikasi Scoopy karena desain nya masih terlalu polos untuk dijadikan bahan Modifikasi Scoopy yang keren.

Honda Scoopy Generasi Kedua (2013 – 2015)

Nah pada generasi kedua ini lah Honda memberikan sentuhan desain yang semakin menarik dan semakin menjual pasaran dari si Honda Scoopy ini sobat. Bagaimana tidak, desain lampu sein pada generasi pertama ini sudah ditempelkan dengan body namun memang honda sengaja tidak menggabungkannya dengan lampu utama karena alasan estetika. Pada sektor lampu utama sendiri Honda Scoopy generasi kedua ini sudah menggunakan projector sehingga saat pemakaian sobat tidak perlu takut motor sobat terlihat remang – remang hihi.

Pembenahan dari segi bagasi

Rupanya kapasitas bagasi pada generasi kedua inipun sudah dibenahi, honda mengklaim kapasitas bagasi pada generasi kedua ini mampu menampung hingga 15,4 Liter yang berarti sobat dapat menyimpan 1 buah helm full face didalamnya hlo sobat, fantasis bukan? Untuk urusan dapur pacu Honda benar benar niat dalam mengubah teknologi dari segi dapur pacu mereka, mesin yang digunakan masih sama dengan generasi sebelumnya yang menggunakan 110 cc, eits namun jangan salah sobat pada generasi kedua ini Honda sudah menambahkan teknologi Injeksi yang diklaim mampu mengurangi konsumsi bahan bakar sebesar 26% dibandingkan dengan karburator dan injeksi juga menjadikan gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan. Untuk harga Honda Scoopy Generasi kedua ini dibanderol dengan harga 13,9jt.

Honda Scoopy Generasi Ketiga (2015 – 2017)

Pada generasi ketiga ini Honda benar benar membenahi dari segi mesin dan teknologi yang ada pada honda scoopy. Desain dan basis rangka masih sama dengan generasi sebelumnya, bahkan mesin yang digunakan masih sama, namun kali ini Honda memperkenalkan teknologi Enhanced Smart Power (eSP) yang berfungsi memaksimalkan pembakaran pada ruang mesin dan mengurangi gesekan pasa ring piston agar pembakaran semakin sempurna. Honda juga menyematkan teknologi Idling Stop System dimana mesin akan masuk kedalam mode standby ketika motor dalam keadaan berhenti lebih dari 3 detik, dengan cara memutar tuas gas motor akan kembali menyala lagi dan anda langsung bisa merasakan tarikan mesin 110 cc kembali sobat. Untuk fitur keamanan honda juga menyematkan Answer Back System dimana fungsinya sama seperti alarm mobil dimana kita dapat mencari keberadaan motor kita saat ada di parkiran. Untuk harnganya sendiri sobat, honda mematok harga lebih mahal dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu 16,3jt.

Honda Scoopy Generasi Keempat (2017 – Sekarang)

Akhirnya pada generasi keempat ini honda mengubah desain sein menyatu dengan lampu utama dan yang lebih menarik sobat lampu utama juga sudah dilengkapi dengan teknologi LED sebagai standard nya. Fitur baru yang ditambahkan hanya pada system pengereman honda menambahkan fitur Combi Break System (CBS) dimana rem depan dan rem belakang terintegrasi saat melakukan pengereman. Untuk harga sendiri honda membanderol  harga 17,8jt.

Jadi untuk sobat yang suka akan motor retro namun berdesain stylish. Maka cocok sekali jika sobat melakukan Modifikasi Scoopy sebagai referensi sobat bermain di dunia otomotif.

Biasanya untuk sobat yang baru pemula akan suka dengan aliran Modifikasi Scoopy yang simple tanpa mengubah bentuk body. Hanya mengganti part part agar terlihat lebih keren, terkesan stylish. Sehingga sobat pun tidak perlu merogoh kocek yang cukup dalam untuk modifikasi ini. Pada aliran modifikasi ini semua pengerjaan dilakukan sesuai dengan selera si pemilik motor. Hanya saja pewarnaan pada part part lain yang dijadikan acuan keindahan dari modifikasi ini. Modifikasi ini digandrungi juga oleh anak anak yang mencintai Thailook dan pecandu kecepatan tinggi. Dikarenakan modifikasi ini mengubah part part sesuka hati penggunanya sobat. Ciri khas dari Modifikasi Scoopy ini adalah :

Body yang terlihat mengkilap dan mencolok

Sumber : www.racing48.com

Dikarenakan Modifikasi Scoopy ini mengandalkan “Look” jadi para modifer mengandalkan tampilan body sebagai hal yang wajib diperhatikan sobat. Penggunaan warna body pabrikan masih dipertahankan namun striping pabrikan sudah pasti digantikan dengan striping berbau dengan Thailand. Saking terkenal nya trend ini tak jarang kita dapat menemukan striping Thailook di toko toko aksesoris motor.

Jok yang sengaja ditipiskan

Sumber : www.bukalapak.com

Aneh bukan? Namun ini memang salah satu ciri khas dari modifikasi ini. Jok motor pabrikan digantikan dengan jok lapisan dari kain agar terkesan lebih Thailook.

Ukuran ban yang digunakan sangatlah kecil

Sumber : www.bursaotomotif.net

Inilah yang menjadikan alasan kenapa trend Modifikasi Scoopy simple ini sangat digandrungi anak muda, untuk sobat yang gila akan kecepatan modifikasi ini sangat cocok untul sobat dikarenakan didalam Modifikasi Scoopy ini biasanya dipasangkan velg dengan ring 14 maupun ring 17  baik velg racing maupun velg jari – jari yang dibalut dengan ban “cacing”. Mengapa bisa disebut dengan ban cacing? Dikarenakan lebar dari bang tersebut yang tegolong sangatlah kecil menjadikan ban ini terlihat seperti cacing. Untuk system pengereman sendiri sobat dapat menggantinya dengan part part aftermarket seperti Brembo, HKS, TDR. Namun perlu diingat ya sobat bahwa setiap modifikasi memiliki resiko. Seperti halnya penggunaan ban cacing merupakan salah satu pelanggaran aturan lalulintas. Dimana pengendara yang memakainya dapat mengalami kecelakaan dikarenakan ukuran tapak ban cacing yang relative lebih kecil. Dibandingkan ban pabrikan motor tersebut yang mengakibatkan kurangnya cengkraman pada aspal pada saat motor melaju.

Tetap hati hati dalam berkendara dan taati peraturan yang ada ya sobat, stop pelanggaran, stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan!

Add a Comment