Tips Modifikasi Motor Bagi Pemula

Bagi beberapa pecinta motor, hanya memiliki dan mengendarai sebuah motor tidaklah cukup. Memiliki motor yang berbeda dengan milik orang dengan desain yang original dan mencerminkan kepribadian pemiliknya  mungkin menjadi impian dari beberapa pecinta motor. Oleh karena itu kini modifikasi motor sudah menjadi hobi dikalangan pecinta motor.

Akan tetapi hobi modifikasi motor tersebut dapat dikatakan membutuhkan biaya yang tidaklah sedikit, apalagi jika menggunakan jasa bengkel. Walaupun lebih aman, perlu biaya lebih untuk membayar jasa bengkel tersebut. Apabila Anda ingin memodifikasi motor Anda, namun memiliki budget yang terbatas, Anda tidak perlu khawatir,  Anda bisa memodifikasi motor sendiri. Apabila Anda seorang pemula dalam hal modifikasi motor, sebaiknya Anda membaca-baca terlebih dahulu tips-tips dan apa saja hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam modifikasi motor agar Anda tidak sembarang memodifikasi motor Anda sehingga tidak membahayakan Anda dan orang lain.

JIka Anda ingin memodifikasi motor sendiri, berikut ini kami rangkum beberapa tips-tips modifikasi motor yang perlu Anda ketahui.

Hal-hal Yang Sebaiknya Diketahui Sebelum Modifikasi Motor

Sebelum memodifikasi motor, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk memudahkan Anda dalam melakukan modifikasi motor. Anda akan memiliki gambaran apa saja yang akan Anda lakukan nanti pada saat memodifikasi motor, sehingga modifikasi motor akan lebih terarah. Berikut ini hal-hal yang sebaiknya Anda ketahui sebelum melakukan modifikasi motor.

  1. Ketahui Jenis Motor yang Akan Dimodifikasi
Source : rioeuteamo.net

Mengenal motor yang akand Anda modifikasi adalah hal penting pertama yang perlu Anda ketahui. Ada banyak sekali tipe motor seperti matic, bebek, dan sport, dan semua memiliki potensi modidikasi yang berbeda-beda. Apabila Anda telah mengenal motor Anda, menentukan modifikasi apa saja yang dapat Anda terapkan pada motor tersebut akan menjadi lebih mudah.

  1. Menentukan Model Modifikasi
Source : otobandung.com

Setelah mengenal jenis motor Anda, selanjutnya Anda dapat menentukan konsep modifikasi yang akan diterapkan pada motor Anda, apakah modifikasi bentuk ataukah modifikasi mesin. Jika ingin memodifikasi bentuk atau desain, tema apakah yang Anda inginkan pada motor Anda? Apakah Anda menginginkan motor Anda untuk tampil stylish dan elegan, atau Anda menginginkan desain sporty layaknya motor balap, atau tema lain yang Anda inginkan.

Apabila Anda ingin memodifikasi mesin, spesifikasi apa yang Anda inginkan? Gambarang motor setelah dimodifikasi dapat memudahkan Anda dalam memodifikasi motor tersebut.

  1. Menyiapkan Budget
Source : javapapers.com

Apabila Anda sudah mengetahui jenis motor Anda, dan modifikasi yang akan Anda terapkan pada motor Anda, menghitung biaya yang akan Anda keluarkan akan menjadi lebih mudah. JIka Anda tidak menghitung budget terlebih dahulu, modifikasi yang Anda lakukan hasilnya dapat kurang maksimal atau hanya setengah jalan karena budget Anda tidak cukup untuk melanjutkannya. Apabila Anda menghitung budget modifikasi terlebih dahulu Anda dapat merencanakan modifikasi apa saja yang akan dilakukan pada motor Anda. Misalnya jika ternyata biaya yang perlu dikeluarkan dalam modifikasi tersebut over budget atau melebihi kemampuan Anda, Anda dapat memangkas biaya modifikasi dengan mengurangi modifikasi yang tidak terlalu perlu, tanpa mengabaikan keamanan dan legalitas modifikasi tersebut.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memodifikasi Motor

Motor seperti apa yang Anda inginkan? Apakah motor yang dapat melaju kencang dijalanan? Atau motor keren yang banyak dilirik orang? Memodifikasi motor Anda agar sesuai dengan keinginan Anda itu sah-sah saja, tetapi jangan sembarang melakukan modifikasi. Lakukan modifikasi dengan tetap memikirkan legalitas dan kemanan modifikasi. Jangan sampai modifikasi motor Anda membahayakan diri Anda sendiri dan orang lain. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat memodifikasi motor.

Modifikasi Desain

Source : motorcyle-sp.blogspot.com
  1. HIndari memodifikasi part asli dari pabrikan

Part asli dari pabrikan biasanya memiliki harga yang lebih mahal. Anda sebaiknya menggunakan part khusus untuk variasi yang biasanya lebih murah dan juga lebih gampang untuk dimodifikasi  seperti contohnya dipotong atau diwarnai. Sebaiknya simpan part asli dari motor Anda. Apabila sewaktu-waktu Anda ingin mengembalikan motor ke bentuk awalnya Anda masih dapat menggunakan part tersebut.

  1. Pastikan motor dapat digunakan sebagai mana mestinya

Apabila Anda ingin merombak habis-habisan motor Anda, benar-benar pastikan bahwa motor Anda tetap bisa digunakan sebagai mana motor pada mestinya. Modifikasi yang mengabaikan keselamatan atau fungsionalitas motor dapat mencelakakan Anda, contoh paling sederhananya yaitu spion. Apabila Anda memodifikasi spion Anda sehingga spion tidak dapat digunakan sebagai mana mestinya dapat mencelakakan Anda saat menyalip atau menyebrang jalan. Lampu juga contoh sederhana lainnya, menggunakan lampu yang tidak standart seperti terlalu terang dapat mengganggu pengendara lain.

Modifikasi Mesin

Source : Pinterest.com

Memodifikasi mesin mungkin memerlukan perhatian yang lebih dari modifikasi bentuk. Pengerjaannya yang relatif lebih sulit dan mahal membuat kita harus lebih berhati-hati dalam memodifikasi mesin. Karena kerja mesin yang berkesinambungan satu sama lain, kesalahan modifikasi pada salah satu komponen dapat menyebabkan kegagalan atau kerusakan parah pada komponen lainnya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memodifikasi mesin motor.

  1. Jangan Membongkar Mesin

Membongkar mesin untuk memodifikasi dapur pacunya secara langsung adalah hal yang memiliki resiko sangat tinggi terhadap kerusakan mesin secara keseluruhan apabila terjadi kesalahan. Dalam modifikasi mesin sebaiknya pertahankan keamanan dan fungsionalitas mesin.

  1. Mengganti Komponen Mesin

Dalam memodifikasi mesin motor, sebaiknya hindari memodifikasi komponen mesin. Sebaiknya langsung ganti komponen mesin dengan komponen baru yang sesuai dengan keinginan kita.  Memodifikasi komponen mesin sendiri memiliki resiko kegagalan yang lebih tinggi. Selain lebih aman karena komponen baru memiliki standart produksi, komponen mesin yang lama dapat kita simpan apabila ingin digunakan kembali.

  1. Pastikan Tingkat Keamanan Mesin Cukup

Memodifikasi mesin dengan komponen yang memiliki performa tinggi dan murah boleh-boleh saja. Akan tetapi jangan sampai mengabaikan tingkat keamanan mesin. Gunakan komponen yang berkualitas dan sesuai dengan standart.

  1. Modifikasi Mesin Dengan Mekanik Yang Tepat

Untuk modifikasi mesin sebaiknya tidak dilakukan sendiri terutama bagi pemula yang belum memiliki pengalaman yang cukup dalam hal modifikasi komponen mesin. Sebaiknya gunakan jasa mekanik yang terpercaya dalam modifikasi mesin atau jika Anda tetap ingin memodifikasi motor sendiri, paling tidak didampingi oleh orang yang memang sudah berpengalaman. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kesalahan dalam modifikasi mesin.

Itulah adalah beberapa tips yang sebaiknya Anda ketahui jika Anda ingin melakukan modifikasi motor. Sekali lagi kami ingatkan, modifikasi motor Anda tanpa mengabaikan keselamatan Anda, apalah arti motor keren yang berbahaya untuk dikendarai. Gunakan part-part yang berkualitas dan sesuai standart. Semoga tips-tips yang telah kami rangkum tersebut dapat membantu Anda dalam membangun motor impian Anda. Sekian dan terimakasih, Salam Otomotif.

Add a Comment