Contoh Laporan Prakerin

contoh laporan prakerin – Laporan prakerin atau praktek kerja industri adalah laporan yang ditulis oleh para siswa menengah kejuruan, untuk memperlihatkan bahwa praktek kerja industri yang ditulis berikut telah dilaksanakan. Dan sebagai wujud tanggung jawab siswa kepada guru yang telah memberikan tugas lapangan tersebut.

Sebenarnya praktek kerja industri ini sama bersama dengan praktek kerja lapangan, cuma namanya saja yang sedikit berbeda. Prakerin dillaksanakan untuk menguji keahlian para siswa menengah kejuruan kecuali nanti bekerja di industri atau lapangan. Laporan prakerin perlu dibikin sesudah siswa selesai melakukan praktek tersebut, sebab tugas ini menjadi tidak benar satu syarat ikuti ujian nasional.

Berikut ini adalah contoh laporan prakerin yang baik dan benar. Mulai berasal dari contoh laporan prakerin tkj, contoh laporan prakerin tkr, contoh laporan prakerin akuntansi, contoh laporan prakerin multimedia, contoh laporan prakerin pemasaran, contoh laporan prakerin tsm, contoh laporan prakerin jurusan rpl, contoh laporan prakerin listrik, contoh laporan prakerin tataboga, dll.

Contoh Laporan Prakerin

Latar Belakang

Pelaksanaan praktek kerja industri ini tentu punyai peran yang terlampau penting, sebab prakerin telah menjadi aspek dasar di di dalam bidang pendidikan. Yang berguna untuk tingkatkan wawasan dan juga pengalaman yang berharga, dan sebagai bekal para siswa dan siswi kecuali suatu hari memasuki dunia kerja dan sekaligus mengenal sistem kerjanya.

Tujuan Dibuatnya Praktek Kerja Industri

 

Kegiatan prakerin ini telah dilaksanakan oleh siswa dan siswi SMK Tanu Wijaya tiap-tiap tahunnya untuk memenuhi tidak benar satu tugas di sekolah. Tujuannya mendasar berasal dari dilaksanakannya prakerin ini diantaranya yaitu :

1. Tujuan umum

Keahlian profesi merupakan elemen pokok berasal dari keahlian profesional di dunia kerja, sebab tiap-tiap perusahaan perlu tenaga pakar profesional untuk menghadapi pertumbuhan ekonomi secara global. Sehingga kegiatan prakerin ini akan menopang para siswa mengembangkan kemampuannya saat memasuki dunia kerja.

2. Tujuan khusus

 

a. Meningkatkan efisiensi pendidikan dan pelatihan untuk menciptakan tenaga kerja yang profesional.
b. Memberikan pengakuan dan juga penghargaan terhadap tidak benar satu pengalaman kerja.
c. Menghasilkan tenaga kerja yang punyai keahlian profesional dan juga punyai etos kerja dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh perusahaan terkait.
d. Memperkokoh interaksi antara dunia kerja bersama dengan dunia pendidikan.
e. Memperluas pandangan dan juga wawasan tiap-tiap siswa dan siswi terhadap tipe pekerjaan yang mengenai di area praktek.
f. Merealisasikan pengetahuan yang didapat di sekolah untuk kemudian diaplikasikan di area praktek.

 

Manfaat Prakerin

1. Para siswa akan mendapat kompetensi yang tidak mereka peroleh di sekolah.
2. Secara tidak segera para siswa telah berikan kontribusi bagi perusahaan yang mereka tempati.
3. Memberi semangat dan tingkatkan etos kerja yang baik untuk para siswa.
4. Mempererat interaksi sekolah bersama dengan partner industri.
5. Sebagai fasilitas promosi yang baik bagi alumni SMK Tanu Wijaya.

Perincian kegiatan yang dilaksanakan selama melakukan prakerin di Dian Computer Center :

1. Menginstall window xp, 7 dan juga 8
2. Mengupgrade processor
3. Mengecek spesifikasi CPU
4. Merakit komputer
5. Menginstal driver dan software
6. Mengetes lagi laptop
7. Mengetes lagi proyektor
8. Maintenence komputer

Hasil kegiatan selama melakukan prakerin di Dian Computer Center :

 

1. Menjadi lebih mengetahui operating system dan juga langkah menginstallnya bersama dengan lebih mendalam.
2. Lebih mengetahui tata langkah memasang processor yang baik dan benar.
3. Menjadi lebih mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli PC.
4. Menjadi lebih mengetahui langkah dan tahapan apa saja yang perlu dilaksanakan saat merakit pc dan juga mengecek lagi pc yang akan dijual.
5. Menjadi lebih mengetahui langkah menyetting BIOS dan juga langkah memakai partisi hard disk.
6. Menjadi lebih mengetahui secara mendalam perihal driver dan software dan langkah menginstallnya ke komputer.
7. Menjadi lebih mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli laptop.
8. Menjadi lebih mengetahui memelihara dan memperbaiki pc yang rusak.

PENUTUP

 

 

Kesimpulan

Pembelajaran yang dilaksanakan di dunia kerja adalah tidak benar satu strategi dan kesempatan yang dialami para siswa di dalam sistem studi tersebut. Sehingga bersama dengan adanya program prakerin ini penulis mampu merasakan segera praktek di dunia kerja.

Saran

1. Disiplin di dalam bekerja, etika, kesopanan, kecermatan dan tanggung jawab yang perlu jadi ditingkatkan oleh tiap-tiap karyawan di Dian Computer Center.
2. Menjalin interaksi kerja sama yang baik antara bawahan dan atasan terlampau penting, sebab perihal itu merupakan kunci berhasil dan keberhasilan suatu perusahaan.

 

CONTOH LAPORAN PRAKERIN JURUSAN AKUNTANSI

 

PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

Prakerin atau praktek kerja industri adalah tidak benar satu tugas sekolah yang perlu dilaksanakan oleh para siswa siswi, sebagai tidak benar satu wujud nyata berasal dari pelaksanaan sistem pendidikan di SMK. Program prakerin disusun bersama dengan oleh sekolah dan dunia kerja, fungsi memenuhi keperluan peserta didik sebagai kontribusi yang baik terhadap pertumbuhan dunia pendidikan.

Dalam rangka mengembangkan program sekolah, untuk tingkatkan mutu pendidikan dan juga pelatihan dan untuk sedia kan tenaga kerja yang profesional yang memiliki kualitas maka dibuatlah program prakerin tersebut. Permasalahan yang tersedia saat ini adalah lulusan sekolah kejuruan diakui belum punyai kebolehan yang memadai untuk masuk ke dunia kerja.

Hal ini berjalan sebab antara sekolah bersama dengan dunia bisnis industri belum punyai keterikatan, mestinya sekolah bersama dengan dunia perindustrian ini saling mendorong di dalam perihal memacu produktivitas dan juga mengoptimalkan kegiatan untuk membuahkan para tenaga profesional.

Implementasi Kegiatan Prakerin

 

1. Memahami pengertian perihal retribusi pasar.
2. Sistem pemungutan yang dilaksanakan di retribusi pasar.
3. Jenis retribusi pasar yang memadai.
4. Alat yang digunakan di dalam retribusi pasar.

Pengertian Retribusi Pasar

Retribusi pasar adalah pembayaran yang dialakukan oleh para pedagang di pasar, atas service dan layanan yang dikelola oleh pemerintah area yang telah dihidangkan untuk para pedagang di pasar. Objek berasal dari retribusi pasar yaitu sebagai berikut :

1. Penyediaan layanan pasar seandainya kios, pelataran, front toko, dan los yang telah dihidangkan oleh pemerintah daerah.
2. Segala tipe kegiatan yang membongkar hasil muatan bumi, ternak, laut, dan barang dagangan terhadap radius lebih kurang 200 m berasal dari pasar.
3. Keramaian pasar.
4. Biaya balik nama pemakai.

Jenis-jenis retribusi pasar diantaranya sebagai berikut :

 

1. Karcis pasar
2. Pasar bawah
3. Pasar atas
4. Pedagang malam

Alat yang digunakan untuk retribusi pasar yaitu :

1. Bolpoin
2. Komputer
3. Printer
4. Map
5. Kalkulator
6. Pensil
7. Penghapus

 

 

 

CONTOH LAPORAN PRAKERIN JURUSAN PEMASARAN

 

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Setiap siswa atau siswa yang lulus berasal dari sekolah menengah kejuruan tentunya akan dituntut untuk punyai keahlian spesifik yang didapat berasal dari sekolah. Oleh sebab itu diadakanlah program prakerin yang bertujuan agar para siswa membawa pengalaman di di dalam dunia bisnis sebelum akan mereka memasuki dunia kerja sesudah lulus sekolah.

Pola penyelenggaraan di SMK diakui belum mampu membuahkan tamatan seperti yang diharapkan, dan belum membuahkan tenaga kerja yang profesional. Dengan demikianlah pihak sekolah dan juga dunia bisnis dan industri perlu punyai kerja sama yang baik yang dikehendaki mampu membuahkan tenaga kerja yang tepat guna.

Spesifikasi Pekerjaan Atau Praktek Di Lapangan

Saat penulis melakukan prakerin di Hamada Group, penulis di letakkan di anggota pemasaran. Yaitu melakukan sebagian pekerjaan seperti pengerjaan display, melayani tiap-tiap pelanggan yang datang ke toko, melakukan pelabelan terhadap barang, mengecek barang, stock opname, dan lain-lain. Selain itu, pihak Hamada Group juga menerapkan kedisplinan dan kejujuran selama bekerja.

Uraian Kegiatan Prakerin di Hamada Group

Pelaksanaan prakerin diawali berasal dari hari senin tanggal 15 Desember 2017 sampai tanggal 15 Maret 2018. Jam kerja penulis selama ikuti prakerin di sana adalah menjadi berasal dari pukul 7 pagi sampai pukul 3 sore hari, dan mendapat libur di hari Sabtu dan hari Minggu.

Sebelum mengawali kerja, penulis diharuskan membersihkan toko terlebih dahulu kemudian menata barang-barang yang tersedia di toko agar terlihat rapi dan bersih. Jika tersedia barang datang penulis juga turut mengecek barang, dan memicu laporan untuk tiap-tiap barang yang masuk dan keluar.

PENUTUP

Setelah melakukan prakerin selama 3 bulan penuh, ternyata banyak sekali fungsi yang penulis dapatkan selama melakukan prakerin di sana. Diantaranya sebagai berikut :

1. Melakukan kedisiplinan yang baik soal waktu.
2. Mampu bertanggung jawab atas tiap-tiap pekerjaan dan tugas yang dilaksanakan selama bekerja.
3. Melatih kesabaran diri saat menghadapi sebagian halangan dan rintangan yang berjalan selama bekerja di toko.
4. Mampu menyesuaikan diri bersama dengan dunia kerja agar tingkatkan pengalaman yang punya nilai di dunia kerja nyata suatu hari nanti.
5. Mengetahui dan mengenal bersama dengan baik Hamada Group terlebih di anggota toko yang penulis menempati selama prakerin.