Cara Berfikir Positif

cara berfikir positif – Sering gak lo merundung hidup lo bersama dengan berbagai pikiran negatif, jadi dari menyesali era lalu, pesimis berkenaan era depan lo, menyalahkan orang lain atas nasib lo, atau malah menyalahkan diri sendiri? Membuat lo kebanjiran emosi yang negatif juga layaknya penyesalan, sedih, benci, atau marah. Lo menjadi jadi susah banget membuat jadi bahagia

Kalau memang lo sedang ada masalah hadapi pikiran negatif, lo sedang membaca artikel yang pas dikarenakan kali ini Satu Persen mau membicarakan soal bagaimana mengatasi pikiran negatif.

Cara Berfikir Positif

Pikiran negatif diartikan sebagai persepsi, harapan, dan deskripsi negatif berkenaan diri sendiri, orang lain dan dunia secara general. Kondisi kognitif yang negatif ini juga diikuti bersama dengan emosi negatif dan berdampak tidak baik pada perilaku, dan kesehatan.cara berfikir positif

Ada satu penelitian yang melukiskan efek dari fenomena pikiran negatif ini. Alison Ledgerwood seorang psikolog sosial dulu menceritakan berkenaan penelitian yang melibatkan dua grup responden, sebut saja grup A dan B. Kepada dua grup responden ini dijelaskan sebuah prosedur operasi medik. Pada grup A dijelaskan bahwa presentase kesuksesan operasi tersebut adalah 70%, selagi pada grup B dijelaskan presentasi kegagalan operasi 30 %. Hasilnya grup A memberi respon positif pada operasi tersebut, dan layaknya yang sudah ditebak, grup B beri tambahan respon negatif. Kemudian, eksperimen dilanjutkan bersama dengan memberi penjelasan tambahan kepada grup A bahwa peluang gagal pada operasi yang dimaksud adalah 30%. Hasilnya? Kelompok A segera merubah respon mereka menjadi negatif. Bagaimana bersama dengan grup B? Setelah dijelaskan bahwa operasi mempunyai peluang kesuksesan 70% mereka tidak merubah respon mereka sama sekali, selamanya negatif.

Eksperimen ini menjelaskan hal yang amat penting berkenaan bagaimana otak kami mempersepsi hal negatif. Hal yang negatif memang lebih enteng nempel di otak kami dan susah untuk diubah menjadi lebih positif. Kita lebih enteng memindahkan cara berpikir, persepsi dan emosi positif ke negatif daripada sebaliknya.

Kenapa pikiran negatif bisa keluar dan mendominasi pikiran lo?

Ternyata pikiran negatif merupakan alarm alami dalam perjalanan evolusi manusia untuk mengetahui bahaya. Karena itu otak kami lebih peka pada hal-hal negatif. Bagian otak yang bertanggung jawab untuk mendapatkan hal-hal negatif di lebih kurang kami adalah Amygdala. Amygdala juga yang berperan untuk memindahkan pengalaman negatif dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang.

Distorsi kognitif istilah psikologi yang mengacu pada pola pikir dan rasa yakin pada sesuatu yang tidak benar dan nggak rasional. Tapi, tanpa tahu kami konsisten menerus menerapkan distorsi kognitif ini untuk merespon lingkungan kita. Dari sepuluh model distorsi kognitif yang ada, setidaknya ada 4 yang kemungkinan sering lo melaksanakan tanpa tahu dan harus dikenali:

1. Pikiran hitam putih

Lo nggak mengenal abu-abu, yang ada adalah iya atau nggak sama sekali. Lo berpikir kecuali lo nggak keterima bekerja di area yang lo menghendaki ya berarti lo nggak qualified, lo enggan pertimbangkan faktor-faktor lain layaknya kultur kerja yang nggak sesuai bersama dengan kepribadian lo.

2. Personalisasi

Atasan lo cemberut hari ini? lo segera mengira pasti dikarenakan kerjaanmu ada yang nggak beres. lo membuat semua perihal tidak mengenakkan di sekitarmu menjadi personal, seolah-olah semua salahmu

3. Saringan Mental

Saat lo bisa kritik sekali dari atasan lo, lo bisa seharian mikirin hal itu dan lupa bahwa atasan lo juga sebagian kali dulu memuji hasil kerja lo. Intinya lo fokus ke hal-hal negatif dan melewatkan hal positif yang dulu terjadi.

4. Berpikir skenario terburuk akan terjadi

Setelah lo melaksanakan kesalahan kecil di kantor, lo segera berpikir bahwa lo akan dipecat, atau karir lo akan mandek selamanya. Distorsi kognitif model ini mengarahkan lo untuk berkhayal kemungkinan terburuk suatu moment dan meyakininya akan terjadi.

Mengapa pikiran negatif harus diwaspadai?

Aaron T. Beck adalah seorang psikiater yang berhasil mendapatkan korelasi pada pola pikir yang tidak benar bersama dengan munculnya gejala-gejala depresi. Setelah melaksanakan observasi klinis pada pasien-pasien yang menderita depresi, ia pun berhasil mendapatkan terdapatnya kaitan pada pikiran dan kepercayaan bersama dengan depresi. Keyakinan di sini maksudnya adalah apa yang diyakini penderita berkenaan diri sendiri dan lingkungannya.

Menurut Beck, ada tiga urutan kognitif negatif yang bisa membawa dampak depresi yakni pandangan negatif pada diri sendiri, kecenderungan untuk menginterpretasikan pengalaman secara negatif, dan pandangan yang suram akan era depan

Sebuah artikel Psychology Today menjelaskan bahwa depresi mengalir dari pikiran-pikiran negatif. Orang yang menderita depresi secara nggak tahu sudah mengembangkan pola pikir negatif layaknya yang gue sebutkan sebelumnya. Lama-lama pola pikir ini menjadi tradisi dan membawa dampak mereka jatuh dalam depresi.cara berfikir positif

Bagaimana cara mengatasinya?

Proses mengatasi pikiran negatif ini nggak akan kayak membalikkan telapak tangan. Butuh komitmen kuat untuk menjadikan langkah-langkah ini sebagai sebuah kebiasaan.

1. Tantang pikiran negatif lo

Saat lo tahu kecuali lo sedang dikuasai distorsi kognitif pertanyakan pikiran lo sendiri untuk mengecek itu rasional atau nggak. Misalnya, distorsi kognitif lo menjelaskan atasan lo cemberut hari ini dikarenakan hasil kerja lo nggak oke. Tanya deh ke diri lo sendiri ada nggak kemungkinan lain yang membawa dampak dia cemberut? Selalu ada kemungkinan lain kan yang membawa dampak dia cemberut, bukan hanya hasil kerja lo.

2. Ambil jarak dari pikiran negatif lo

Pernah nggak ada di kondisi di mana lo konsisten mengulang-ngulang perihal tidak baik yang berlangsung di hari ini? Kalau begini kejadiannya, lo harus ambil inisiatif untuk memutus pikiran ini, atau nanti emosi lo akan ikutan kebawa negatif. Caranya biarkan diri lo larut dalam pikiran negatif ini, tapi beri batasan waktu, misalnya 5 menit. Setelah itu segera alihkan pikiran ke hal lain dan tahan diri lo untuk tidak jatuh ke pikiran negatif tadi.

3. Menulis hal yang lo syukuri.

Karena perhatian kami sebagai manusia lebih cenderung ke hal-hal negatif. Maka kami harus memaksakan diri untuk mengingat hal-hal yang positif sebagai penyeimbang. Lo bisa melaksanakan ini bersama dengan menuliskan hal-hal yang lo syukuri hari itu di diary lo.

4. Fokus pada kelebihan lo.

Tarikan pikiran negatif akan membawa lo untuk fokus pada kelemahan-kelemahan lo dan larut merenungi kelemahan lo itu. Sekali lagi, lo harus lawan ini bersama dengan jadi mengalihkan fokus ke arah kelebihan-kelebihan lo. Sekali pun lo mengalami kegagalan, selamanya ada peluang untuk bangkit kembali kan.

Mengatasi pikiran negatif memang adalah perang melawan diri lo sendiri.

Sangat wajar kecuali lo puas berpikiran negatif, dikarenakan ternyata manusia diprogram untuk peka sama hal-hal negatif. Namun, lo harus selamanya berhati-hati dikarenakan pikiran-pikiran yang sifatnya negatif rentan mengganggu kesehatan mental lo. Karena itu, pikiran yang bersifat negatif harus dilawan. Lo bisa mengembangkan sebagian tradisi baru dalam berpikir untuk melawan pikiran negatif yang hinggap.

Kalau lo butuh bantuan, sudah lama mengalami pikiran negatif dan jadi gak bisa ngejalanin sendirian. Satu Persen sendiri mempunyai layanan mentoring dan konseling. Lo bisa diskusi sama Mentor atau Psikolog, dan lo akan dikasih tahu penanganan paling baik membuat mengatasi kondisi lo.